Senin, 04 Maret 2013

ADA APA DIBALIK GURIHNYA IKAN?


Ikan merupakan salah satu hewan air yang multifungsi. Dapat diperoleh berbagai manfaat dari ikan seperti untuk hiasan dirumah, sebagai indikator kekayaan, kepercayaan maupun untuk konsumsi karena protein ikan yang sangat tinggi. Namun, dalam tulisan ini tidak akan membahas itu lebih jauh. Yang akan saya jabarkan ialah beberapa pelajaran penting dibalik kehidupan ikan tersebut. Sebagai berikut :

1.    Ikan hidup melawan arus
Ikan dapat bertahan hidup dengan melawan arus. tidak peduli seberapa derasnya arus, namun ikan tetap berusaha bertahan hidup. Bahkan ikan cenderung lebih menyukai berada di bawah guyuran.

Kita harus berani melawan arus dan tidak harus selalu sama dengan orang lain. Memang menjadi seperti orang lain itu baik, namun alangkah jauh lebih baik menjadi diri sendiri walaupun itu butuh proses dan terkadang melawan arus dari orang lain itu sulit. Namun kita harus memulai. Dan kita harus yakin suatu saat kita akan menemukan kenyamanan dari itu seperti ikan yang merasa nyaman dibawah pusaran/guyuran


2.    Ikan bertahan hidup diantara kotoran
Ikan disungai bertahan hidup dengan beberapa limbah baik itu limbah industri maupun limbah rumah tangga, baik organik maupun anorganik. Ikan mencoba mencari makan dari sisa-sisa limbah dan bahkan ada beberapa spesies ikan yang memang memakan kotoran. Namun ikan-ikan tersebut dapat hidup laiknya ikan yang lain.

Bagaimanapun manusia hidup tentunya tidak terlepas dari kehidupan sekitarnya. Baik kehidupan sosial maupun kehidupan alam. Semua tergantung dari pribadi kita masing-masing. Walaupun kita terpaksa hidup di lingkungan yang “kotor” sekalipun kita harus dapat menata diri. Apalagi kita masih muda dan menjadi agent of change bagi kehidupan yang akan datang.  Jadi, walaupun kita berada di lingkungan yang kurang kondusif pun kita harus menjadi  yang terbaik.

 3.    Ikan cenderung menyukai kedalaman
Ikan biasa berada dalam tempat yang dalam dan tersembunyi dari jangkauan mata manusia. Ikan juga biasa hidup berkelompok.  Selain itu merupakan salah satu cara bertahan hidup yang dapat dilakukan ikan dari ancaman para musuhnya termasuk manusia. Selain hal tersebut dilakukan ikan untuk seolah-olah menyembunyikan kelebihan dirinya.

Sebagai manusia kita dapat belajar dari ikan tersebut. Kita tidak perlu sombong jika kita mampu. Namun semakin rendah dan tidak angkuh serta berbagi dengan sesama semua yang kita mampu dan berikan bagi masyarakat.

4.    Dalam agama islam bangkai ikan itu halal (boleh dikonsumsi)
Dalam agama islam, semua bangkai ikan halal. Atau boleh dikonsumsi asalkan keadaannnya masih baik dan layak untuk dimakan.

Dalam hal ini bila kita sebagai manusia itu mati atau meninggalkan suatu tempat dan berpindah ke tempat lain, tentunya kita menginginkan sesuatu yang baik untuk ditinggalkan di mana tempat kita terdahulu. Dan orang lain yang ditinggalkan akan membicarakan kebaikan kita bukan keburukan kita. AMIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar